Delapan Bahan Makanan Penghilang Bad Mood

Delapan Bahan Makanan Penghilang Bad Mood

Delapan Bahan Makanan Penghilang Bad Mood

Hampir semua orang pernah mengalami bad mood. Dan itu wajar saja karena memang ada kalanya perasaan kita nge-drop. Apalagi jika lingkungan atau orang-orang di sekitar kita tidak ‘mendukung’. Yang tidak wajar adalah apabila si bad mood ini terus-terus menghinggapi diri kita. Gak mau kan kalau kita dikucilkan dari pergaulan hanya gara-gara suka uring-uringan gak jelas. Atau dipecat dari pekerjaan karena malas-malasan dan semua tugas ditinggalkan. Nah, untuk mengatasinya, di bawah ini ada daftar delapan bahan makanan yang bisa menanggulangi berbagai macam bad mood. Mau tahu? Mau tahuuu? *ala Ustad Maulana*


Ini dia delapan jenis makanan penghilang bad mood :

1. Cokelat, si penurun stress

Anda lapar, lelah, dan sudah telat untuk janji makan malam, tapi bos masih meminta untuk melakukan tugas lain? Stres pun membukit. Apa yang dapat menenangkan dalam sekejap? Makan cokelat!

Para peneliti di Swiss, yang penelitiannya diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa secuil cokelat hitam sanggup menurunkan hormon stress, kortisol, mengurangi kecemasan, sehingga membuat Anda dapat menyelesaikan semua tugas.

2. Bayam, si penghilang malas

Tidak bisa berkonsentrasi dan mata tidak mau terbuka? Lupakan kopi. Makan bayam! Ada alasan mengapa Popeye sangat menggemari sayuran yang satu ini. “Asam folat membantu tubuh untuk memproses dan menurunkan kadar homosistein,” kata Dr. Joann Dolgoff, penulis Red Light, Green Light, Eat Light.

Tingginya kadar homosistein berhubungan dengan rusaknya pembuluh darah, dan itu mempengaruhi aliran darah dan gizi ke otak. Akibatnya, tubuh menjadi lamban, termasuk juga lamban dalam memproses informasi.

Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, yang dapat meningkatkan vitalitas adalah kentang, roti, sereal, kacang-kacangan, dan jamur.

3. Apel yang diolesi selai kacang, duet peredam jengkel

Anda tiba-tiba merasa jengkel tanpa sebab tertentu? Uring-uringan bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan bahan bakar. Cobalah konsumsi makanan kombinasi, biasanya antara karbohidrat dengan protein atau lemak. Karbohidrat menjadi sumber energi yang mudah habis, sedangkan lemak atau protein memperlambat proses pencernaan. Hal itu menyebabkan kadar gula dan energi menjadi lebih stabil untuk waktu yang lebih lama.

Contoh makanan ini adalah apel yang diolesi selai kacang. Apel adalah karbohidrat kompleks yang sehat, sedangkan selai kacang mengandung lemak sehat. Kombinasi keduanya menghasilkan makanan yang lezat dan sekaligus sumber energi yang tahan lama.

4. Teh Hijau, si pereda marah

Untuk menenangkan diri dengan cepat, minumlah secangkir teh hijau, saran Jacob Teitelbaum, MD, penulis Beat Sugar Addiction Now!.

Teh hijau mengandung theanine, yang bersifat menenangkan dan membantu untuk konsentrasi, berpikiran jernih, dan fokus. Selain itu, kafein dalam teh hijau juga lebih ramah untuk tubuh ketimbang kafein yang berasal dari kopi.

5. Sereal dan Susu Rendah Lemak, duo periang hati

Rasa sedih bisa disebabkan urusan pekerjaan atau asmara. Namun dapat juga karena kurangnya vitamin D dalam menu makan sehari-hari. Salah satu fungsi vitamin itu adalah memproduksi serotonin, yang dikenal sebagai feel-good hormone. Hormon ini menyebabkan seseorang menjadi tenang, rileks, dan bahagia. Untuk memperbanyak asupan vitamin D, konsumsi susu rendah lemak, sereal, atau jamur.

6. Salmon, si peluruh rasa cemas

Jika Anda terus merasa cemas, cobalah makan siang ke luar kantor bersama teman-teman. Jika memang tersedia, pesan salmon. Dimasak dengan cara apa pun tidak masalah. Asam lemak omega-3 dalam salmon bisa mengurangi kadar kecemasan. Mengkonsumsinya secara teratur dapat mencegah dan mengobati depresi, demikian menurut Stephen Ilardi, PhD, penulis The Depression Cure.

7. Roti Telur, si pelindung bad mood PMS

Ini dia penyakit khas cewek. Menjelang menstruasi, selain perasaan selalu ingin mengamuk, rasa lapar juga terus muncul. Kalau sedang PMS, biasanya ngidam makanan yang membuat bahagia, seperti burger, es krim, atau keripik kentang. Sekali-kali tidak ada salahnya untuk mencoba roti telur, kalau bisa dengan roti gandum. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya akan membuat kadar serotonin meningkat dan membuat Anda lebih tenang. Telur sendiri mengandung triptofan, yang dapat melepaskan serotonin tersebut.

8. Pisang, si obat hati

Jika hati Anda sedang tidak tenang dan kacau, cobalah mengkonsumsi pisang. Para ahli percaya bahwa makan pisang dapat menghangatkan hati dan menambah energi Anda. Buah ini mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Seperti yang sudah disebutkan di atas, serotonin adalah hormon yang membuat Anda lebih tenang dan bersemangat.
Bagaimana? Sudah saatnya kan mengucapkan “I’m sorry, good bye!” buat bad mood?
Buka Komentar