Tips sederhana menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja atau berkendara

Tips sederhana menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja atau berkendara

Tips sederhana menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja atau berkendara

Ngantuk obatnya adalah Tidur. Apa yang terjadi jika pada saat kita mengendarai sebuah mobil atau motor tetapi tiba tiba rasa ngantuk yang berat menghampiri dan cukup sulit untuk bertahan. Hal ini yang mengakibatkan banyak sekali kecelakaan di jalan raya dimana pada saat rasa kantuk itu datang anda tetap mengendarai mobil atau motor walaupun itu dalam kecepatan rendah. Apakah anda tau bahwa saat satu detik saja anda tertidur maka nyawa anda bisa melayang bahkan nyawa orang lainpun bisa terbawa.


Berbeda jika pada saat rasa ngantuk itu pada saat berada di kantor. Karena pekerjaan yang sedikit dan tidak ada aktifitas kesibukan maka rata rata pekerja kantor mengalami ngantuk pada saat jam 10.00 pagi. Ini terjadi karena anda kurang tidur semalam dan ada pekerjaan yang membuat anda lelah di pagi hari. Jika tidur terjadi pada saat jam kerja maka buka nyawa yang melayang tetapi surat SP bahkan surat PHK yang akan anda terima.

Kali ini wartapagi.id berbagi tips sederhana bagaimana cara menghindari rasa ngantuk yang cukup berat di kantor ataupun pada saat anda mengendarai kendaraan di jalan. Tips sederhana ini wajib anda lakukan supaya tidak terjadi kecelakaan di jalan yang mengakibatkan luka dan tidak terjadi PHK yang mengakibatkan anda jadi penganguran.

Tips supaya tidak mengantuk di Kantor saat bekerja :
  1. Usahakan tempat kerja Anda mempunyai penerangan yang baik. Namun, jika ruangan kerja Anda tidak mendapat cahaya yang cukup, dan Anda terserang rasa kantuk yang hebat, hampiri jendela dan tataplah keadaan luar ruangan. Cahaya lebih terang dapat mengurangi kantuk yang menyerang.
  2. Lakukan latihan ringan, seperti menggerakkan kepala, tangan atau kaki. Atau Anda juga bisa berjalan-jalan santai di dalam ruangan Anda. Yang penting, tubuh Anda terasa lentur. Gerakan-gerakan yang dilakukan secara simultan, dapat membantu menghambat rasa kantuk yang melanda.
  3. Basuhlah wajah Anda beberapa kali hingga Anda merasa segar. Beri tepukan ringan pada pipi dan juga basahi kedua pergelangan tangan Anda, dan ingatkan diri sendiri bahwa Anda masih di kantor, bukan di rumah. Ingatkan lagi bahwa pekerjaan Anda masih menumpuk, dan Anda sedangh dikejar target.
  4. Nyalakan bunyi-bunyian yang tidak teratur, seperti suara radio dan musik untuk merangsang kewaspadaan dan ketajaman otak anda. Bunyi-bunyian yang teratur seperti suara AC dan kipas angin membuat Anda semakin merasa ngantuk berat.
  5. Luangkan waktu lima atau sepuluh menit untuk menghirup udara segar di luar ruangan. Pandanglah pohon-pepohonan hijau di taman yang berada di luar kantor Anda untuk menyegarkan mata Anda yang lelah.
  6. Praktekkan aroma terapi dengan meletakn wewangian yang dapat menambah semangat kerja Anda di ruangan Anda. Wewangian yang menyegarkan sekaligus mengurangi kantuk contohnya seperti aroma mint atau sitrus.
  7. Jika tidak mengganggu rekan lain, mampir sejenak ke meja teman untuk mengobrol ringan untuk beberapa menit agar otak kita terangsang untuk berpikir dan akhirnya akan menghilangkan rasa ngantuk kita.

Tips supaya tidak mengantuk pada saat berkendara :
  1. Istirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh
  2. Minumlah air putih yang cukup karena air putih banyak mengandung oksigen
  3. Jangan makan terlalku kenyang karena jika perut penuh maka rasa ngantuk akan menghampiri
  4. Bawalah minuman dingin dari dalam kulkas karena di perjalanan apabila rasa ngantuk datang minumlah minuman dinggin sedikit sedikit karena hal tersebut akan membantu anda berkonsentrasi.
  5. Jika mengantuk di perjalanan maka hal pertama yang dilakukan adalah Parkir kendaraan anda di tempat yang aman dan lakukan istirahat dengan memejamkan mata selama lima menit.
  6. Jika ngantuk di perjalanan anda bisa juga berhenti sebentar dan turun dari kendaraan anda dan lihatlah di luar mobil untuk mendapatkan udara segar.
  7. Bawalah seorang teman pada saat berkendara jauh untuk di ajak ngobrol supaya tidak mengantuk
  8. Silahkan anda tambahkan dikolom komentar.
Buka Komentar