Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memimpin Serangan Ke Ukraina | Beginilah Sosok Seorang Jenderal Rusia 'Brutal' Sergei Surovikin

Wartapagi.id -- Jenderal Sergei Surovikin ditunjuk Rusia memimpin serangan ke Ukraina. Siapakah dia yang katanya terkenal dengan kebrutalannya? Sergei Surovikin adalah jenderal yang merupakan mantan kepala Angkatan Udara Rusia, dimana yang pada musim panas lalu, dia dilantik sebagai kepala kelompok militer selatan, dilansir dari The Guardian, Minggu (9/10/2022). Jenderal Sergei Surovikin dilantik menggantikan Jenderal Alexander Dvornikov yang hanya bertahan beberapa bulan sebagai kepala kelompok militer selatan. Komunikasi dan kerja sama yang buruk, dilaporkan telah mengganggu pasukan invasi Rusia, sehingga Jenderal Sergei Surovikin dipandang telah mampu meningkatkan efektivitas pertempuran pasukan Rusia di Ukraina timur.

Baca juga : Bagaimana Caranya Jika Savefrom Tidak Bisa Mendownload ?



Sebelumnya Jenderal Sergei Surovikin dikenal dengan jenderal yang menembaki pengunjuk rasa pro-demokrasi pada 1990-an, dimana Jenderal Sergei Surovikin juga pernah memimpin ekspedisi militer Rusia di Suriah pada tahun 2017, yang juga saat itu dituduh menggunakan taktik "kontroversial" termasuk pengeboman membabi buta terhadap pejuang anti pemerintah.

Memiliki sejarah yang berliku, Sergei Surovikin pernah bertugas di Tajikistan dan Chechnya, juga pernah dipenjara karena diduga menjual senjata dan memimpin kolom militer melawan pengunjuk rasa selama kudeta 1991. Ditulis pejabat intelijen Inggris dalam laporan baru-baru ini tentang kemungkinan promosi Sergei Surovikin untuk memimpin kelompok militer selatan, karir Surovikin telah dirundung tuduhan korupsi dan kebrutalan selama lebih dari 30 tahun.

Sergei Surovikin, yang saat itu berposisi seorang kapten, memimpin divisi senapan yang melewati barikade yang didirikan oleh pengunjuk rasa pro-demokrasi, dimana 3 orang tewas dalam bentrokan itu, termasuk seorang yang terlindas. Ditulis Grigory Yudin, seorang politikus Rusia yang juga ilmuwan dan sosiolog "Ini sangat simbolis bahwa Sergei Surovikin, satu-satunya perwira yang memerintahkan untuk menembak kaum revolusioner pada Agustus 1991 dan benar-benar membunuh tiga orang, sekarang bertanggung jawab atas upaya terakhir untuk memulihkan Uni Soviet."

Terkenal kejam dan kritikus vokal terhadap kepemimpinan militer, Yevgeny Prigozhin, pendiri perusahaan militer swasta Wagner, memuji penunjukan Sergei Surovikin, bahkan mengatakan "Surovikin adalah komandan paling cakap di tentara Rusia," sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Concord. Sergei Surovikin adalah tokoh legendaris yang dilahirkan untuk mengabdi pada tanah airnya dengan setia. "Setelah menerima perintah [pada tahun 1991], Surovikin adalah perwira yang tanpa ragu-ragu masuk ke tanknya dan maju untuk menyelamatkan negaranya," ucap Yevgeny Prigozhin.

Sumber : detikNews.

Demikian artikel ini dibuat, kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Salam sehat dan sukses selalu. Baca juga : Apakah Yang Dimaksud Nope di RP.

Posting Komentar untuk "Memimpin Serangan Ke Ukraina | Beginilah Sosok Seorang Jenderal Rusia 'Brutal' Sergei Surovikin"