Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merubah Whatsapp Biasa ke Bisnis

Whatsapp kini tidak hanya digunakan sebagai media sosial untuk berkomunikasi saja. Kegunaannya kini sudah merambah dalam dunia bisnis online. Namun, mungkin Anda merasa risih kalau urusan bisnis harus dicampur dengan urusan pribadi di Whatsapp. Jangan khawatir, sekarang Whatsapp telah memberikan fitur terbarunya untuk mengubah Whatsapp biasa ke bisnis. Bagaimana caranya?

Dengan penggunaan Whatsapp business Anda bisa berfokus pada bisnis tersebut. Ditambah lagi dengan berbagai fitur keren yang akan membantu bisnis Anda lebih cepat, praktis dan mudah. Contohnya adalah adanya “Profil Bisnis” serta pengiriman pesan secara otomatis tanpa perlu menunggu balasan Anda. Anda bisa mendapatkan Whatsapp bisnis secara gratis di toko aplikasi perangkat Anda.

Ingin merubah Wa biasa ke bisnis, tapi khawatir riwayat pesan Anda akan hilang? Jangan khawatir dengan langkah langkah mengubah Whatsapp biasa menjadi akun bisnis yang tepat dan benar, pesan Anda di Whatsapp Messenger tidak akan hilang. Penasaran bagaimana tutorialnya? Yuk simak panduan tahapannya pada uraian sebagai berikut.

Cara merubah Whatsapp Biasa ke Bisnis
 

Sebelum ke tahap merubah akun Whatsapp biasa ke Whatsapp business sebaiknya lakukan pindai akun terlebih dahulu. Ini adalah cara memindahkan akun Whatsapp atau Wa menjadi akun bisnis tanpa perlu menghapus riwayat pesan yang Anda miliki. Pertama tama, mari kita cari tahu cara mencadangkan atau backup semua data Anda terlebih dahulu.
  1. Pertama tama, bukalah Aplikasi Whatsapp Messenger yang Anda miliki 
  2. Selanjutnya arahkan perhatian Anda untuk memilih menu “Setelan” atau “Pengaturan” atau “Setting”.
  3. Pada menu pengaturan Anda pilih bagian “Chat” atau “Pesan
  4. Berikutnya pilihlah menu untuk mencadangkan pesan yakni klik “Cadangkan Pesan” atau “Chat Back Up
  5. Pada menu tersebut, jangan lupa untuk klik “Cadangkan” atau “Back Up
Dengan cara diatas Anda sudah selesai melakukan pencadangan data mencangkup semua riwayat pesan dan media Whatsapp. Apa langkah selanjutnya? Setelah mencadangkan data, maka mari kita simak langkah langkah menggunakan Whatsapp Business.
  1. Pertama tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal Aplikasi Whatsapp business terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan dan mengunduhnya dengan mudah melalui layanan Google PlayStore
  2. Setelah selesai dalam mendownload dan menginstal Whatsapp Business pada perangkat Anda, lakukan login menggunakan nomor telepon akun Whatsapp Anda
  3. Selanjutnya akan dikirimkan verifikasi kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon Anda. jika Anda sudah menerimanya, segera isi dan lakukan konfirmasi.
  4. Tahapan berikutnya adalah memilih jenis media serta preferensi pesan yang akan mengalami pemulihan atau retrieve dari riwayat pesan yang sudah dicadangkan atau back up
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan data Anda selesai
  6. Selesai, kini Whatsapp Business Anda telah aktif dan telah bisa digunakan
Melengkapi Akun Profil Bisnis Anda

Nah, mari buat tampilan Whatsapp Busines Anda menjadi lebih profesional dan menarik. Bagaimana caranya? Pertama tama, silahkan lengkapi akun profil bisnis Anda dengan pilih menu “Settings” lalu “Business Setting” dan terakhir ke bagian “Profile”. Cantumkan informasi yang lengkap dan akurat sesuai dengan detail informasi pada usaha Anda misalnya nama bisnis, alamat, kategori, email, alamat web, detail kontak dan lain sebagainya.

Mengatur menu balas chat otomatis

Salah satu menu yang diinginkan oleh banyak pelaku bisnis ketika menggunakan Whatsapp Business adalah fitur balas chat otomatis. Bagaimana cara mengaturnya? Mudah sekali, langkah langkahnya dimulai dari pilih opsi “Settings” lalu ke “Business Settings”. Disana Anda harus memilih “Away Message/Greeting Message” atau “Quick Replies”.
 
Selanjutnya Anda sudah bisa mengatur isi pesan untuk balasan otomatis. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kapan waktu untuk mengirimkan pesan, baik dalam waktu tertentu saja atau setiap saat. Fitur ini akan sangat membantu untuk membalas pesan pelanggan disaat bukan jam kerja.
 
Inilah informasi update terkait cara merubah akun Whatsapp biasa ke bisnis. Mudah sekali bukan? Dengan memanfaatkan teknologi terbaru dari Whatsapp akan sangat membantu Anda untuk memperlancar bisnis online menjadi lebih profesional. Berbagai fitur Whatsapp bisnis yang tidak tersedia dalam Whatsapp biasa inilah yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk segera memanfaatkannya.

Whatsapp terus mengalami peningkatan fungsi sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern sekarang. Whatsapp seringkali bisa digunakan untuk tujuan yang spesifik seperti untuk memudahkan komunikasi dalam dunia bisnis dan berbagai bidang lainnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui setiap fasilitas atau fitur terbarunya yang sayang sekali dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara merubah Whatsapp Biasa ke Bisnis"