5 Tips Hidup Sehat dengan Cara Sederhana

5 Tips Hidup Sehat dengan Cara Sederhana

5 Tips Hidup Sehat dengan Cara Sederhana

Kita hidup di zaman modern yang  membuat kita sering lupa untuk menjaga kesehatan. Padahal apa arti dari uang yang kita dapat jika kita tidak memiliki badan yang sehat untuk menikmatinya. Saat Anda sakit beragam cara ditempuh untuk sembuh dan itu pastinya akan membuat uang tidak berarti lagi untuk Anda. Untuk itu pola hidup sehat perlu untuk dilakukan mulai dari sekarang. Berikut akan saya hadirkan tips hidup sehat yang akan membantu Anda mengatasi berbagai masalah kesehatan yang bisa saja setiap waktu menghampiri Anda.

1. Biasakan untuk membawa makanan dari rumah.

Kebiasaan ini sudah jarang dilakukan oleh kebanyakan orang.  Saat ini orang lebih memilih untuk membeli dari pada membawa. Padahal ini merupakan kesalahan yang besar. Karena pada saat kita membeli makanan kita tidak akan pernah tau bahan makanan yang kita beli, bagaimana proses memasaknya , dan apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mulailah untuk hidup sehat dengan membawa masakan dari rumah. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengontrol kadar gizi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda sendiri yang mengolah makanan yang menjadi bekal Anda tadi. Jadi sudah dipastikan kebersihan dari makanan Anda terjaga.

2. Kurangi makanan yang mengandung minyak berlebih.

Jika Anda tipe orang yang suka makan gorengan maka kurangilah kebiasaan Anda tersebut. Misalnya ada orang baik itu teman Anda atau siapapun menawari gorengan maka tolaklah secara harus. Mengkonsumsi gorengan yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika kolesterol tadi sudah berlebihan maka akan memicu penyakit serius seperti jantung bahkan stroke. Jika hal tersebut terjadi dari gorengan yang hanya beberapa ribu rupiah atau bahkan gratis Anda harus menanggung biaya hingga jutaan rupiah untuk kesembuhan Anda.

3. Perbanyak minum air putih

Tubuh kita sebenar sebagian besar terdiri dari air. Meskipun terdiri dari sekian persen air tubuh tetap membutuhkan asupan air yang cukup. Dalam sehari tubuh memerlukan setidaknya 2-4 liter air guna membantu berbagai proses dalam tubuh. Salah satu yang terbantu dengan adanya air putih adalah ginjal. Ginjal merupakan organ yang rawan akan penyakit baik itu batu ginjal dan berbagai penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi air yang cukup Anda akan membantu ginjal dalam menyaring darah yang ada keluar masuk dari organ – organ yang ada dalam tubuh.

4. Hindari kontak langsung dengan orang sakit.

Jika ada saudara Anda yang sakit. Ada baiknya untuk memperhatikan jenis penyakit yang ia derita. Apakah itu termasuk ke dalam penyakit yang menular atau tidak. Jika ya, berhati – hatilah, hindari bersentuhan dan terlalu dekat dengan orang sakit tersebut. Jika terpaksa Anda harus melakukannya. Maka lakukan dan segeralah mencuci tangan Anda.

5. Berolahraga secara rutin dan teratur

Anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang yang banyak jika ingin berolahraga. Mulailah dengan langkah – langkah kecil yang dapat Anda lakukan sendiri. Misalnya jika jarak antara rumah Anda dan kantor hanya beberapa km saja gunakanlah sepeda atau berjalan kakilah. Dengan begitu Anda akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Selain itu Anda juga membantu untuk mengurangi polusi yang ada disebabkan oleh asap kendaraan bermotor.

Itulah tips hidup sehat yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Mulailah dengan langkah kecil. Langkah perubahan untuk hidup sehat. Karena kita tidak akan pernah tau kapan penyakit menghampiri kita dan mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Buka Komentar