Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar PRAKERJA Gelombang 16 Cepat Diterima

Segera siapkan diri Anda untuk daftar Prakerja gelombang 16 yang akan mulai dibuka bulan ini. Anda perlu mempersiapkan diri mulai dari mengetahui syarat pendaftaran, jadwal pelaksanaan sampai dengan tata cara pendaftaran yang baik dan benar agar cepat diterima. Kuota yang dibuka pun hanya dibatasi sekitar 300 ribu peserta saja. Oleh sebab itu, ketahui cara dan tips ampuh untuk lolos Program Kartu Prakerja gelombang 16 ini.

Persaingan yang ketat karena ada begitu banyak yang mendaftar Program bantuan oleh Pemerintah ini menuntut Anda untuk mempersiapkannya matang matang jauh sebelum pendaftaran Program Prakerja gelombang 16 dimulai. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang mungkin sudah mencoba mendaftar di gelombang 15, 14, 13 atau gelombang sebelumnya namun gagal lolos, Anda bisa mencoba mendaftar kembali.

Jika Anda sudah pernah mendaftar tapi gagal diterima, cobalah lihat beberapa alasan atau faktor penyebab yang membuat Anda gagal lolos seleksi Program Prakerja ini. Pastikan juga apakah Anda sudah menyiapkan semua syarat, pengisian data yang lengkap dan benar dan berbagai kelengkapan daftar program Prakerja terbaru. 

Untuk meminimalisir kemungkinan gagal lolos seleksi Prakerja, cobalah pahami beberapa Fakta Kartu Program Prakerja lengkap cara daftar dan tips yang bisa Anda lakukan. Yuk simak.

Cara Daftar PRAKERJA Gelombang 16 Cepat Diterima
 
1. Perhatikan syarat yang harus dipenuhi

Syarat dan ketentuan menjadi salah satu pondasi atau dasar yang harus benar benar Anda perhatikan jika ingin lolos pada seleksi pendaftaran Prakerja. Jika salah satu syarat saja Anda sepelekan maka bisa menurunkan kemungkinan Anda diterima. Apa saja syarat untuk mengikuti Program Prakerja terbaru? Simak poin poinnya di bawah ini.
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Telah berusia minimal atau diatas umur 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti proses pendidikan formal apapun baik sekolah maupun kuliah
  • Tidak berstatus sebagai Pejabat Negara, Aparatur Sipil Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Kepala desa dan perangkat desa, Anggota Kepolisisan Negara Republik Indonesia, Dewan Pengawas badan usaha milik daerah atau badan usaha milik negara juga direksi serta komisaris
  • Tidak tergabung dalam penerima program bantuan pemerintah lainnya seperti Bansos Kemensos atau DTKAS, penerima BPUM atau BSU serta sudah pernah manjadi penerima Program Prakerja sebelumnya.
Selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan yang perlu Anda penuhi adalah dengan memantau situs website resmi Program Prakerja yang menyajikan syarat secara spesifik untuk bisa menjadi penerima bantuan melalui Program Prakerja.

2. Melakukan Pendaftaran di Situs Resmi Program Prakerja

Langkah pertama untuk bisa mengikuti Program Kartu Prakerja adalah dengan membuat akun dan mendaftar. Setelah memahami dan mampu memenuhi semua syarat dan ketentuan yang diberlakukan, Anda bisa melakukan pendaftaran di laman resmi Program Kartu Prakerja. 

Membuat akun kartu Prakerja sendiri sebenarnya sangat mudah, dimana hanya cukup mengisi nomor telepon, email dan beberapa data identitas diri dan lain lain sesuai dengan dokumen yang disahkan oleh negara.

3. Memastikan Data Informasi yang dimasukkan benar

Pada saat melakukan pendaftaran Anda akan menemui beberapa tahapan termasuk mengisi data diri atau informasi terkait identitas Anda secara lengkap. Untuk menghindari terjadinya kesalahan pengisian data yang bisa berdampak negatif, Anda perlu teliti dan jangan lupa selalu cek kembali apakah informasi yang Anda masukkan sudah benar atau tidak. 

Salah satu contohnya adalah nama yang Anda masukkan harus sama dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jangan gunakan nama panggilan atau nama lain Anda.

4. Memastikan NIK dan KK telah sesuai

Dalam beberapa pengalaman seleksi Program Kartu Prakerja seringkali ditemui kendala bagi para pendaftar yakni adanya NIK dan KK yang diinput tidak sesuai. Apabila hal ini juga terjadi kepada Anda, jangan khawatir. Anda bisa menghubungi Call Center Dukcapil di nomor 1500538 atau datang secara langsung ke kantor Dukcapil terdekat di daerah Anda. 

5. Memastikan Nomor Telepon dan Email selalu aktif

Salah satu data yang harus Anda persiapkan untuk melakukan pendaftaran Program Kartu Prakerja adalah Nomor telepon dan Email. Sebelum Anda memasukkan nomor telepon dan alamat email pada saat pendaftaran, pastikan terlebih dahulu kalau nomor telepon dan email yang Anda gunakan tersebut selalu aktif. Hal sederhana ini sangat penting untuk diperhatikan karena berguna untuk melakukan verifikasi kode OTP dan pemberitahuan lainnya.

6. Mengerjakan tes dengan maksimal

Setelah menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi semua perintah dan data yang diminta, Program Kartu Prakerja akan menilai Anda dengan memberikan tes soal yang perlu Anda jawab. Tahapan ini bertujuan untuk menilai seberapa layak Anda sebagai seorang yang akan menerima bantuan melalui Program bantuan Prakerja.

Jangan terburu buru, baca soal tes dengan saksama dan pastikan Anda mampu mengerjakan tes dengan maksimal. Tidak menjawab secara asal tetapi sungguh sungguh untuk memperbesar kemungkinan peluang Anda untuk lolos semakin besar.

7. Memantau Akun Media Sosial Prakerja

Selain cermat dalam melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja, Anda juga perlu melakukan pemantauan untuk mendapatkan semua informasi terbaru seperti jadwal pengumuman pendaftaran gelombang baru dan lain sebagainya. Dengan demikian ketika informasi pembukaan gelombang yang baru telah dibuka Anda bisa lekas mendaftar dan tidak lewat dari waktu yang ditentukan.

Inilah berita terbaru terkait Cara dan Tips daftar Program Kartu Prakerja pada gelombang 16 yang akan segera dibuka. Informasi ini penting sekali untuk diperhatikan supaya meningkatkan kemungkinan Anda lolos diterima sebagai salah satu peserta Prakerja gelombang 16. Pastikan Anda selalu update terkait informasi terbaru terkait Jadwal Pendaftaran maupun pengumuman lolos Prakerja.

Mengingat kuota yang sedikit dengan jumlah pendaftar yang banyak sekali, Anda mungkin merasa tidak mungkin lolos. Tapi, dengan upaya dan persiapan yang matang seperti pengetahuan dasar yang cukup terkait cara daftar Program Prakerja dan lain sebagainya, Anda bisa optimis dan percaya diri untuk lolos. Jika tidak lolos, jangan khawatir dan coba kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar PRAKERJA Gelombang 16 Cepat Diterima"