Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membatalkan Orderan Barang di Shopee yang Aman

Shopee adalah salah satu aplikasi belanja online paling popular dan banyak digunakan oleh masyarakat. Kita bisa beli berbagai barang yang lengkap secara online saja. Dalam beberapa kondisi kita mungkin ingin membatalkan pesanan atau barang, tapi bagaimana cara membatalkan orderan barang di Shopee tersebut yang aman dan uang dapat kembali?

Kondisi lainnya, mungkin kita memesan barang dengan sistem COD atau Cash On Delivery yang adalah pembayaran yang dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli terlebih dahulu. Nah, pertanyaannya adalah Apakah barang COD juga bisa dibatalkan? Bagaimana apabila penjual menolak pembatalan transaksi di Shopee? Apakah ini berarti kita yang harus rugi dengan tetap membeli barang tersebut?

Pembatalan pesanan Shopee oleh pembeli bisa dilakukan jika Anda tahu cara yang baik dan benar meskipun barang pesanan sudah dikirim ataupun sudah dibayar terlebih dahulu. Tata cara dan tutorial membatalkan orderan barang di Shopee dengan mudah akan dibahas secara lengkap pada informasi sebagai berikut. Mari kita perhatikan dengan saksama.

Cara membatalkan Orderan Barang di Shopee yang Aman


Sebelum membahas bagaimana cara membatalkan orderan barang di Shopee, Anda perlu tahu terlebih dahulu berupa syarat dan ketentuan untuk bisa melakukan pembatalan orderan Shopee. Syaratnya adalah sebagai berikut :
  • Penjual maupun pembeli tidak dapat memilih hanya salah satu produk yang ingin dibatalkan bahkan jika status produk masih dikemas atau perlu dikirim. Pembeli hanya bisa membatalkan semua produk dalam pesanan itu.
  • Apabila pesanan belum dibayar, maka pengajuan untuk membatalkan orderan bisa dipilih produk mana yang ingin dibatalkan.Untuk pengajuan pembatalan pesanan hanya dapat dilakukan dalam satu kali saja.
1. Cara Membatalkan Pesanan COD

COD atau Cash On Delivery yang sudah sedikit kita bahas diawal adalah metode pembayaran ditempat yang umumnya banyak dipilih. Jika Anda memesan orderan dengan Sistem COD, bagaimana cara membatalkannya? Setidaknya ada dua cara, yuk simak :

Pesanan yang belum dikirim atau status pesanan “Dikemas” 

  1. Pertama, bukalah aplikasi Shopee Anda
  2. Lalu masuk ke bagian menu “Saya”
  3. Masuk kebagian pesanan Anda yang masih berstatus “Dikemas”
  4. Pilihlah produk yang ingin Anda batalkan
  5. Terakhir pilih opsi “Batalkan

 Pesanan yang sudah sampai

  • Jika barang sudah dikirimkan, Anda bisa konfirmasikan ke penjual terlebih dahulu untuk pembatalan pesanan COD.
  • Apabila pesanan sudah sampai, beritahu kurir bahwa pesanan tersebut sudah dibatalkan, maka nantinya barang tersebut akan dikembalikan ke penjual.

2. Cara Membatalkan Pesanan sudah dibayar

Pembatalan pemesanan produk di Shopee bisa dilakukan oleh pihak penjual maupun pembeli dengan langkah langkah sebagai berikut :

Pembatalan oleh Penjual

  1. Pertama tama, bukalah aplikasi Shopee Anda
  2. Masuk kebagian menu “Saya”
  3. Pilih opsi “Toko Saya
  4. Lalu melanjutkan ke menu “Penjualan Saya”
  5. Maka selanjutnya penjual sudah bisa memilih pesanan atau barang dengan kondisi “Perlu Kirim” yang ingin dibatalkan.
  6. Pilih menu atau tombol “Jawab” dan berikan alasan
  7. Terakhir, Anda tinggal klik “Konfirmasi

Pembatalan oleh Pembeli

  1. Pertama tama, bukalah aplikasi Shopee Anda
  2. Masuk kebagian menu “Saya”
  3. Masuklah ke menu status pesanan Anda ”Dikemas”
  4. Disini Anda sudah bisa memilih pesanan mana saja yang ingin dibatalkan lalu tekan tombol “Batalkan Pesanan”
  5. Selanjutnya akan ditampilkan “Alasan Pembatalan”, silahkan Anda memilih salah satunya lalu tekan “Ajukan Pembatalan Pesanan”
  6. Terakhir, Anda hanya perlu menekan tombol “Konfirmasi”

Keterangan : Pesanan yang sudah berhasil dibatalkan, uang yang di transfer akan dikembalikan kepada pembeli. Nah, untuk pengembalian dana ini membutuhkan waktu yang berbeda beda berdasarkan jenisnya atau metode pembayaran yang dipilih.

3. Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

  1. Pertama tama, bukalah aplikasi Shopee Anda
  2. Masuk kebagian menu “Saya
  3. Lalu masuk ke menu status pesanan Anda yang “Belum Bayar
  4. Selanjutnya disini Anda bisa memilih pesanan mana yang ingin dibatalkan
  5. Apabila sudah selesai, bisa menekan tombol “Batalkan Pesanan” yang berada di bagian paling bawah.
  6. Lalu pilih alasan Anda untuk membatalkan pesanan
  7. Terakhir, jangan lupa untuk tekan tombol Konfirmasi

Uraian diatas adalah informasi yang membahas tentang tutorial cara membatalkan orderan barang di Shopee yang aman. Meskipun sederhana, informasi ini perlu Anda ketahui demi kenyamanan berbelanja online khususnya untuk Anda para pengguna Shopee. Anda bisa membatalkan pesanan sebelum terlambat dan dana Anda tetap aman.

Memang tidak bisa dipungkiri saat kita membeli barang atau suatu produk di ecommerce atau marketplace, online shop dan lain sebagainya, ada saja mungkin alasan yang membuat kita ingin membatalkan pesanan. Dengan menerapkan cara ini Anda bisa membatalkan pesanan di Shopee dengan aman, mudah dan sering dilakukan. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara membatalkan Orderan Barang di Shopee yang Aman"