Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mikrofon Zoom Tidak ada Suara dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Saat ini kebanyakan orang sudah menggunakan Zoom untuk berbagai kebutuhan mereka. Namun, seringkali kita mungkin menemui beberapa kendala selama menggunakan Zoom meeting. Misalnya, saat kita berbicara mikrofon Zoom tidak ada suara. Lantas, apa penyebab mikrofon Zoom meeting tidak ada suara? Bagaimana cara mengatasinya dengan cepat?

Pasti tidak enak sekali yaa, pada saat kita sedang video conference di Zoom, dan tiba saatnya kita berbicara tapi malah tidak ada suaranya. Kita pasti jadi panik dan bingung apalagi kalau itu adalah meeting yang sangat penting terkait pembelajaran online maupun pekerjaan. Kita pasti tidak menginginkan situasi seperti itu bukan?

Ada yang inisiatif mencari penyebabnya sebelum mengalaminya, namun ada juga yang mencari tahu setelah merasakan sendiri kebingungan akibat Zoom meeting tidak ada suara tersebut. Kita memang tidak bisa pungkiri, secanggih apapun teknologi dalam fitur Zoom pasti memiliki beberapa kekurangan. Oleh sebab itu, saat menggunakannnya kita perlu kenali penyebabnya lalu cara mengatasinya sesuai dengan penyebabnya tersebut.

Selengkapnya mengenai faktor penyebab mikrofon Zoom meeting tidak ada suara dan cara mengatasinya dengan mudah dan cepat akan dibahas pada informasi berikut.

Penyebab Mikrofon Zoom Tidak ada Suara dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Apa saja penyebab mikrofon kita tidak mengeluarkan suara saat kita berbicara? Kita akan simak beberapa diantaranya yang dapat Anda jadikan perhatian adalah :
  • Mikrofon masih dalam mode “Mute” atau “Bisu
  • Pihak Host dari Zoom meeting telah membisukan suara semua peserta dengan “Mute
  • Mikrofon Anda dalam mode “Dinonaktifkan” pada perangkat yang digunakan.
  • Adanya gangguan dari program lain.
  • Adanya masalah pada hardware mikrofon Anda.

Kalau Anda sudah mengetahui kemungkinan penyebab mikrofon Zoom tidak bersuara yang sesuai dengan penyebab diatas atau penyebab lainnya, mari kita cari tahu cara mengatasinya.
  • Pertama tama pastikan kalau mikrofon Anda sudah dihidupkan atau terhubung dengan perangkat. Khususnya jika Anda menggunakan perangkat mikrofon tambahan. Misalnya periksa kabel penghubungnya, atau coba colokkan ke port USB lain. Periksa pengaturan Bluetoothnya apabila Anda menggunakan mikrofon jenis nirkabel, pastikan kalau baterainya terisi daya saja.
  • Seringkali beberapa orang lupa adalah melakukan “Join Audio” di Zoom. Fitur ini sangat penting untuk suara bisa bergabung ke dalam meeting. Jadi lakukan join audio terlebih dahulu yang biasanya ada di bagian bawah layar.
  • Pastikan mikrofon Anda dalam kondisi “Unmute” dengan tidak ada garis silang pada simbol mikrofon.
  • Pastikan Anda memilih mikrofon yang sudah dipilih Zoom dengan cara klik panah atas yang berada di sebelah ikon mikrofon lalu pastikan mikrofon sudah ceklis.
  • Jika Anda di bisikan oleh host, maka minta host untuk membunyikan Anda.
  • Jika Anda menggunakan program lain. Lebih baik hentikan supaya akses ke mikrofon tidak berebutan dengan program lain.
  • Pastikan kalau Zoom Anda memiliki akses ke mikrofon. Untuk memeriksanya lihat di bagian pengaturan aplikasi perangkat.
  • Jika tetap tidak mengeluarkan suara, restart perangkat Anda untuk menutup semua proses yang mengganggu.
  • Mute perangkat audio lainnya yang Anda gunakan supaya tidak gema.
  • Menginstal ulang Zoom bisa menjadi solusi kalau cara cara diatas tidak berhasil. Anda bisa menghapus dan mengunduhnya kembali seperti biasa.

Inilah informasi selengkapnya yang mengulas penyebab mikrofon Zoom meeting tidak ada suara dan cara mengatasinya dengan cepat. Dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu, ini akan sangat membantu untuk mengatasi langsung pada titik penyebabnya sehingga cara menanganinya akan lebih ampuh dan cepat.

Tidak hanya kehilangan suara mikrofon, Zoom juga memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda kenali. Memang Zoom memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan, namun jangan lewatkan juga beberapa kekurangan yang bisa menjadi kendala buat Anda selama melakukan join meeting di Zoom. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Mikrofon Zoom Tidak ada Suara dan Cara Mengatasinya dengan Cepat"