Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arti Dejavu dalam Bahasa Gaul dan Penyebabnya

Wartapagi.id - Apa itu Dejavu? Istilah ini menjadi populer dan banyak digunakan oleh anak muda jaman sekarang untuk menunjuk pada suatu keadaan atau situasi. Bagi kita yang belum tahu, pasti sangat penasaran sekali apa sebenarnya arti dan makna dejavu dalam bahasa gaul dan penyebabnya istilah ini muncul. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda ketinggalan informasi terbarunya.

Baik di media sosial seperti Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, Telegram, ataupun Whatsapp, istilah dejavu sudah banyak muncul dan banyak diperbincangkan. Bukannya tanpa arti, kalau Anda meneliti lebih jauh dejavu memiliki arti dan makna yang menarik untuk disimak dan dibahas. Ya, bukan hanya istilah atau kata yang populer dijadikan sebagai bahasa komunikasi, dejavu punya makna istimewa tersendiri.

Tidak jarang juga, anak muda jaman sekarang kerap menyebutnya dalam kehidupan sehari hari saat mengobrol dengan teman teman. Untuk paham apa maksud obrolan dengan tema dejavu, Anda harus cari tahu dulu pengertiannya. Selain itu, untuk bisa menggunakannya Anda juga harus tahu apa artinya supaya bisa menggunakannya dengan tepat bukan?

Nah, untuk mengenal arti dari istilah dejavu, sebagai berikut adalah informasi singkat dan jelas mengenai topik tersebut. Mari simak.

Mengenal Arti Dejavu dalam Bahasa Gaul dan Penyebabnya


Seperti yang sudah disinggung diatas, dejavu menunjuk pada suatu keadaan. Keadaan seperti apa? Ya, dejavu adalah saat Anda merasa apa yang sedang terjadi sekarang, sudah pernah Anda alami dulu di masa lalu padahal Anda baru pertama kali mengalaminya. Inilah situasi yang disebut dengan istilah dejavu.

Biasanya situasinya seperti ini "Eh, sepertinya aku pernah kesini deh dulu, gak asing banget sama tempatnya." tapi "Gak mungkin, tempatnya aja baru dibuka hari ini." Banyak diantara kita mengalami situasi ini, dimana kita pergi kesuatu tempat dan merasa sudah pernah mengunjungi nya padahal itu adalah kali pertama Anda mengunjunginya.

Hal ini juga berlaku untuk suatu peristiwa atau masalah yang Anda alami dan serasa sudah pernah mengalaminya padahal Anda baru pertama kali mengalaminya. Bahkan, terkadang orang yang mengalami fenomena dejavu bisa menebak apa yang akan terjadi berikutnya. Lantas apa penyebab dejavu?

Fenomena ini telah banyak dilakukan penelitian oleh para ilmuwan. Ada beberapa teori yang muncul misalnya beberapa diantaranya adalah teori memori recall atau teori yang mengemukakan bahwa seseorang bisa mengingat suasana yang sama tapi sebenarnya tempatnya berbeda sehingga merasa tidak asing dengan suatu tempat.

Ada juga teori split perfection yang menjelaskan bahwa bisa saja dejavu terjadi karena orang melihat hal yang sama tapi di waktu yang berbeda. Misalnya Anda pernah melewati sebuah tempat tapi tidak fokus karena sedang sibuk bermain HP. Keesokan harinya Anda melewati tempat itu lagi, lalu sontak bergumam kayaknya pernah lihat bangunan ini deh tapi dimana ya. Nah, momen inilah yang juga bisa menyebabkan dejavu terjadi.

Teori lainnya yang menjelaskan tentang penyebab dejavu adalah adanya gangguan sirkulasi otak dimana otak telah salah merespons kejadian yang sedang berlangsung. Lalu ada kejang lobus temporal dimana lobus temporal yang seharusnya bertanggung jawab memproses emosi dan menyimpan ingatan dalam jangka pendek terjadi kejang. Saat itu seseorang bisa berhalusinasi dan merasakan fenomena dejavu. Terima kasih sudah berkunjung ke wartapagi.id

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang arti dejavu dalam bahasa gaul dan penyebabnya istilah ini banyak digunakan. Kini Anda sudah bisa memahami apa itu dejavu beserta makna nya dalam penggunaan sehari hari. Sehingga Anda tidak lagi bingung mengapa istilah ini muncul dan digunakan dalam situasi apa saja.

Tidak hanya dejavu yang menjadi istilah populer di era milenial ini, sebab masih banyak lagi berbagai istilah, singkatan, kata maupun plesetan dalam bahasa gaul anak jaman sekarang yang perlu Anda ketahui jika tidak ingin ketinggalan bahasa komunikasi gaul terbaru. Khususnya bahasa yang sering digunakan di media sosial atau banyak perbincangan dalam kehidupan sehari hari. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Arti Dejavu dalam Bahasa Gaul dan Penyebabnya"