Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disaat Pertalite Mahal, Minyak Kayu Putih Solusi Penghemat BBM? Apa Kata Pakar?

Wartapagi.id -- Minyak Kayu Putih apakah jadi solusinya untuk Penghemat BBM? Begini Kata Pakar disaat Pertalite tambah mahal. Beberapa waktu lalu bikin publik otomotif geger akibat kenaikan harga Pertalite. Bagaimana tidak, pengguna BBM subsidi ini tidak sedikit loh. Akhirnya belum lama ini juga muncul sebuah karya ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa pada saat kehebohan harga BBM yang semakin mahal, bahwa menurut mahasiswa tersebut konsumsi BBM bisa irit dengan menambahkan minyak kayu putih pada BBM.

Baca juga : No Counter dalam Bahasa Gaul Apa Artinya?



Akhirnya hal tersebut, membuat banyak publik otomotif yang merasa penasaran. Mereka bertanya - tannya apakah dengan mencampur bensin dengan minyak kayu putih benar-benar bisa bikin irit dalam penggunaan BBM pada kendaraan mereka ya. Bukan tidak mungkin hal ini bisa dimanfaatkan untuk 'mengakali' kenaikan harga Pertalite, kalau hal tersebut memang benar.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) membeberkan faktanya, menjawab pernyataan minyak kayu putih bisa bikin irit penggunaan BBM. Mencampur minyak kayu putih sebagai aditif BBM malah akan membuat performa mesin menjadi menurun, ucap Tri Yuswidjajanto Zaenuri. Prof. Yus kepada GridOto.com mengatakan "Minyak kayu putih memang sudah lama memiliki isu meningkatkan oktan dan bikin irit. Tapi karakternya yang kesat berpotensi mengurangi lubricity bahan bakar." Tambahnya "Jadi kalau saya lihat kemungkinan malah mengurangi kemampuan bahan bakar untuk melumasi jika digunakan jangka panjang."

Mencampur minyak kayu putih dengan BBM hanya memberikan sensasi irit dan meningkatkan performa sesaat untuk kendaraan, ucap Prof. Yus, "Sebenarnya efeknya kecil, jadi orang itu hanya tersugesti bahwa saya menggunakan itu (minyak kayu putih) menjadi lebih enak," tambahnya. Walaupun penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif pada BBM ini juga, sudah dijadikan thesis oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang, dengan menggunakan judul karya ilmiah tersebut ; 'Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Pertalite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R'.

Dijelaskan dalam thesis tersebut bahwa dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin dapat menaikkan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Namun untuk membuktikan mencampur minyak kayu putih bisa membuat irit konsumsi BBM, perlu adanya penelitian jangka panjang dan "Saya cari belum ada penelitian itu untuk jarak tempuh panjang, jadi paling tidak tiga kali penggantian oli," turtur Prof. Yus. Tambahnya lagi "Tapi apakah dalam jangka panjang akan irit, kalau menyebabkan keausan pada mesin justru setelah tiga kali ganti oli akan turun artinya mesin kendaraan kita akan lebih cepat aus."

Sumber : Otomania.com

Baca juga : Arti Line dalam Bahasa Gaul di Wa, Tiktok, Twitter yang Sering Digunakan.

Posting Komentar untuk "Disaat Pertalite Mahal, Minyak Kayu Putih Solusi Penghemat BBM? Apa Kata Pakar?"