Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Adalah 5 Minuman Yang Ampuh Turunkan Asam Urat

Wartapagi.id -- Asam Urat adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian, dimana adanya penumpukan kristal asam urat, dan dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Hal ini akan lebih parah jika fungsi ginjal menurun dan volume urine berkurang, sehingga akan membentuk kristal pada jaringan sendi ataupun ginjal dan bisa komplikasi penyakit fatal seperti batu ginjal hingga radang sendi. Baca juga : Mengejutkan | 4 Fakta Tersangka Ketiga Pemeran Threesome Video Kebaya Merah.


Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, misalnya daging merah, ikat laut, dan alkohol adalah penyebab utama kadar asam urat seseorang bisa naik. Kadar asam urat yang normal pada pria dewasa berjumlah 3,4-7,0 mg/dL dan untuk wanita berkisar 2,4-6,0 mg/dL.

Minuman Yang Bisa Menurunkan Asam Urat

Dibawah ini minuman alami yang direkomendasikan bisa menurunkan asam urat, adalah sebagai berikut :

1. Minuman Jus Wortel
Wortel memiliki sederet nutrisi penting berupa zat antioksidan, serat, beta karoten, dan vitamin A yang mampu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan mineral yang terkandung didalamnya bisa mengurangi kerusakan organ akibat penyakit asam urat.

2. Minuman Jus Lemon
Memiliki rasa yang kecut, namun air lemon mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta meregenerasi sel secara alami, sehingga mampu menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Minuman Jus Timun
Selain diminum, timun juga dapat dimakan langsung sebagai pelengkap lalapan, sehingga berfungsi sebagai detoksifikasi organ vital manusia dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Potasium dan fosfor yang tinggi dapat meningkatkan fungsi ginjal, dan membuang racun dalam tubuh.

4. Minuman Kopi
Merupakan minuman favorit banyak orang, kopi baik dikonsumsi murni atau tanpa gula, dimana empat hingga lima cangkir kopi diminum dalam sehari bisa menurunkan asam urat hingga 40 persen. Namun perlu diingat jika konsumsi terlalu banyak kafein, bisa menyebabkan sakit kepala, susah tidur, hingga jantung berdebar.

5. Minuman Teh
Minuman yang sering dikonsumsi setiap pagi, teh adalah salah satu yang bisa dipilih karena memiliki manfaat untuk meredakan asam urat, dimana teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa bioaktif untuk mengurai penumpukan asam urat hanya dalam beberapa hari.

Akhir Kata

Sampai disini dulu ulasan Wartapagi.id tentang "5 Minuman Yang Ampuh Turunkan Asam Urat". Semoga bermanfaat bagi Anda semua dimanapun pergi dan berada. Salam sehat dan sukses selalu serta tetap semangat. Baca juga : WP di TikTok Mempunyai Arti.

Sumber : health.detik.com

Posting Komentar untuk "Berikut Adalah 5 Minuman Yang Ampuh Turunkan Asam Urat"