Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal UN SD 2019 (Ujian Nasional Sekolah Dasar)

Ujian Nasional. Dua kata tersebut memang sampai sekarang menjadi momok terbesar seorang murid. Ujian Nasional di Indonesia memang salah satu ujian yang harus dilakukan setiap murid sekolah yang akan menyelesaikan sekolah nya di beberapa tingkatan. Misalnya saja awal ujian nasional dilakukan ialah pada akhir kelas 6 SD, akhir kelas 3 SMP, dan akjir kelas 3 SMA/ SMK.

Untuk melakukan ujian nasional tersebut seorang murid harus menunggu selama pendidikannya di atas hingga saat akan naik tingkat baru bisa melaksanakan ujian nasional. Yang biasanya sangat stress saat mendekati ujian nasional ialah ketika atau pada saat masih SD. Mengapa? Karena Ujian Nasional SD merupakan ujian nasional pertama atau perdana yang dilakukan oleh murid SD.

Baca Juga : Kumpulan kata ucapan Hardiknas (hari Pendidikan Nasional) terbaru 2018

Dengan itu anak SD pasti sangat stress, namun tidak hanya murid nya yang stress bahkan orang tua murid juga akan lebih stress. Bagaimana tidak seorang orang tua pasti juga akan memikirkan banyak hal. Bagaimana jika anaknya mendapat nilai jelek dan tidak diterima di sekolah yang baik. Dan berapa biaya yang harus dihabiskan untuk mendaftar disekolah tersebut. Dan masih banyak pikiran seorang orang tua saat anaknya mendekati Ujian Nasional.

Untuk itu seorang murid pasti juga selalu diberikan banyak soal-soal latihan untuk Internet supaya mereka memiliki banyak sekali wawasan dan jawaban apabila ada soal ujian yang mirip dengan yang mereka kerjakan. Biasanya seorang guru juga sering memberikan trik untuk mengerjakan soal ujian dengan cara cepat.

Namun, itu semua juga dibarengi dengan berbagai macam soal yang diberikan untuk mengasah kemampuan murid adakan mengerjakan soal. Dengan itu seorang murid dapat dengan mudah untuk mengetahui soal-soal mana saja yang harus ia pahami. Namun, biasanya saat mendekati ujian seorang murid akan selalu mencari soal-soal.

Setiap hari hanya bertemu dengan soal-soal untuk Ujian Nasional saja. Memang benar cara untuk berhasil dalam ujian ialah mengerjakan soal-soal untuk melatih diri Anda. Selain itu ada cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk meraih nilai memuaskan dengan bermodalkan soal-soal ujian nasional khususnya bagi murid SD.

Baca Juga : 5 Cara memberikan Pendidikan Karakter terhadap Anak yang Mudah

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan nilai ujian nasional yang tinggi dengan hanya bermodalkan soal-soal latihan ujian.

1. Minta Tambahan Jam Pelajaran Guru 

Dengan Anda mencari banyak sekali soal-soal untuk latihan ujian nasional pasti tidak semua soal dapat Anda kerjakan dengan mulus bukan? Pasti ada soal yang Anda bingung atau bahkan tidak tau juga bukan? Inilah yang perlu Anda tanyakan dengan meminta jam tambahan pelajaran oleh guru. Mintalah sedikit waktu supaya guru mu mau memberikan sedikit waktunya untuk mengajari mu. Guru yang baik pasti akan memberikan sedikit waktunya untuk muridnya.

2. Carilah soal-soal ujian 2 hingga 4 tahu lalu

Bisanya soal-soal 2 hingga 4 tahun yang lalu akan dimunculkan kembali oleh si pembuat soal. Jadi, cari juga soal-soal tahun sebelumnya. Semakin banyak Anda mengerjakan soal-soal, semakin banyak pula kemungkin nilai tinggi yang Anda dapatkan nantinya.

3. Carilah soal yang memiliki kesulitan yang tinggi

Saat Anda mencari soal unian cari juga soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi, dengan itu Anda akan terbiasa mengerjakan soal-soal yang diatas rata-rata.

4. Jangan menyepelekan soal mudah

Maksud ini ialah saat Anda mengerjakan soal, jangan sepelekan soal-soal yang Anda anggap mudah. Bisanya soal-soal tersebut malah yang akan keluar di Ujian Nasional. Biasanya banyak murid yang salah saat mengerjakan soal yang dianggap sulit karena menyepelekannya.

5. Carilah soal-soal penalaran 

Walaupun di Ujian Nasional SD soal penalaran banyak keluar 2 atau 4 soal namun, soal ini juga perlu Anda pahami dan pelajari. Di ujian nasional soal 2 hingga 4 itu mempengaruhi hasil dan itu sangat mempengaruhi untuk mencari sekolah.

Untuk mendapatkan kumpulan Soal Latihan Ujian Nasional Sekolah Dasar tahun 2019 silahkan mendownloadnya melalui link dibawah ini :

Beberapa soal di atas merupakan sebuah contoh Latihan untuk mengasah seberapa kemampuan adik adik dalam menjawab soal. Tips belajarnya yaitu jangan melihat jawabannya, silahkan jawab soal terlebih dahulu dengan kemampuan adik adik. Lihat kunci jawabannya setelah itu pelajari dan ulang kembali sampai paham.

Baca Juga : 14 Kata kata Leluhur Jawa Kuno tentang Kehidupan untuk Motivasi

Terimakasih sudah berkunjung semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang sedang mencari Contoh Soal UN SD 2019 terbaru untuk dipelajari. Dengan mencoba mempelajari berbagai macam soal latihan maka saat ujian akan semakin mudah menjawab soal. Selamat belajar dan jangan lupa berkunjung kembali keblog ini.