3 Cara menyembuhkan Leher Sakit karena salah posisi Bantal saat tidur

WartaPagi.id - Pernahkah anda memiliki masalah sakit leher, atau lebih tepatnya nyeri karena salah tidur atau salah bantal? Kebanyakan orang menyebutnya dengan “Tengeng” namun dalam dunia medis lebih dikenal dengan sebutan Tortikolis. Istilah ini sebenarnya bisa terjadi pada saat kelahiran bayi, benturan atau trauma dan kebiasan buruk akibat tidak dalam posisi tidur yang baik. Ungkapan lain menyatakan bahwa Tirkolis dapat terjadi sebagai dampak dari adanya gangguan kontraksi pada bagian otot otot leher. Anda bisa dengan mudah mengenali penyakit ini karena karakteristik dan ciri ciri nya sangat jelas bisa di lihat.

Biasanya ciri ciri dari penyakit ini adalah adanya rasa sakit di leher, seperti tidak bisa untuk digerakkan ke kanan ataupun kekiri, Leher terasa kaku dan nyeri, bahkan bisa sampai menjalar ke bahu. Meskipun keluhan ini bisa sembuh dalam jangka waktu beberapa hari saja, Namun kemungkinan anda akan sulit beraktivitas dan tidak bisa bergerak dengan bebasnya. Bagaimana tidak, bagian leher anda akan terasa sangat sakit apabila digerakkan dan jangkauan untuk bergerak pun berkurang.

Berbagai pertanyaan pun mulai bermunculan tentang penyakit ini. Ada yang beranggapan bahwa sakit leher ini merupakan penyakit akut, atau bahkan harus di tangani secara serius. Tapi sebagaimana yang kita bahas di awal paragraph, penyakit ini tidak begitu berbahaya, penyebabnya anda hanya kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat seperti salah bantal yang terjadi ketika otot teriritasi atau robek. Baca Juga : Cara meredakan Gigi Ngilu.


Keadaan serupa juga dapat terjadi karena posisi yang tidak nyaman pada saat menyetir mobil, posisi leher yang terlalu maju pada saat bekerja di depan komputer, maupun ketika membawa beban yang terlalu berat pada satu bagian tubuh. Bagaimana cara mengatasinya? Bisakah penyakit ini disembuhkan secara cepat? Atau bagaimana cara meredakan nyeri yang ditimbulkan? Pertanyaan tersebut dapat anda temukan jawabannya pada uraian di bawah ini. Cekidot..

Cara Menyembuhkan Leher Sakit karena salah posisi Bantal Saat tidur

1. Beristirahat dan Mulai lakukan pergerakan ringan

Hindari lah untuk menggunakan otot leher anda selama beberapa hari, terutama apabila gerakan tersebut menyebabkan peningkatan rasa sakit. Tapi perlu diperhatikan untuk jangan terlalu banyak beristirahat, karena hal ini bisa menyebabkan otot menjadi lemah dan bisa memperpanjang proses penyembuhan. Setelah dua hari, perlahan sedikit –sedikit gunakan atau gerakkan otot leher anda dengan hati –hati dan tidak berlebihan.

2. Mengompres dengan Es Batu

Salah satu cara lainnya agar sakit leher anda bisa semakin ringan adalah dengan memberikan sentuhan dingin pada otot yang terasa nyeri tersebut. Dengan cara ini akan mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan apabila ada. Tapi perlu diingat untuk jangan langsung menaruh es batu pada kulit anda, sebaiknya gunakan pembungkus seperti kain, handuk bersih untuk membungkus es batu itu. Lakukan kompres selama kurang lebih 20 Menit. Ulangi Setiap jam pada hari pertama ketika anda sakit.

3. Gunakan Bantal yang tepat

Pada saat ketika anda akan tidur, gunakanlah bantal yang nyaman dan menjaga agar posisi kepala anda terhadap poros sumbu tulang belakang tidak miring. Maka, gunakanlah bantal yang bisa mengganjal kepala anda secukupnya agar tidak terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Pastikan bahwa anda benar benar nyaman dengan keadaan tertentu dan rileks. Baca Juga : 5 Tips hidup Sehat dengan cara sederhana.

Uraian diatas merupakan cara menyembuhkan penyakit leher akibat salah tidur. Beginilah solusi mudahnya, Anda tak perlu khawatir dalam beberapa hari, anda akan mulai membaik dan kembali seperti semula lagi. Selalu jaga kesehatan anda, kita tidak tahu kapan kita akan sakit, jadi saran praktis untuk terus hidup sehat dan jaga pola makan dan tidur tetap seimbang. Penyakit leher ini hanya sebagian kecil dari penyakit yang timbul karena aktivitas yang berlebihan. Semoga dapat bermanfaat dan Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel