Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Komplain ke Shopee Barang belum dikirim

Shopee menjadi salah satu aplikasi belanja online yang paling diminati masyarakat modern. Ada banyak fitur dan fasilitas yang dapat dinikmati seperti Shopeepay, promo, diskon gratis ongkir hingga sistem COD. Meskipun demikian, dalam beberapa pengalaman ada saja kendala barang belum dikirim dalam waktu yang lama. Bagaimana cara komplain ke Shopee kalau barang belum kita terima?

Kita mungkin sudah order barang di Shopee dengan maksimal lama waktu pengiriman yang sudah ditentukan. Namun, dalam waktu itu status barang menunjukkan kalau barang “Belum Dikirim”. Kita mungkin penasaran apakah Anda kendala? Bagaimananya caranya bertanya kepada penjual shopee? Atau bagaimana caranya komplain karena barang lambat dikirim?

Jangan khawatir, Shopee sudah memudahkan para penggunanya untuk melakukan komunikasi antara penjual dan pembeli dengan aman. Anda bisa menggunakan beberapa fitur untuk mengajukan pertanyaan dan komplain mencangkup barang yang belum sampai, barang tidak sesuai, barang rusak, kurang atau hilang. Semua jenis pengaduan ke shopee bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Untuk Anda yang mau mengajukan pertanyaan dan komplain ke Shopee, bisa ikuti cara dan tips yang akan dijabarkan sebagai berikut :

Cara Komplain ke Shopee Barang belum dikirim


Jika Anda tidak menerima produk atau barang yang sudah Anda beli di Shopee dalam waktu yang sudah ditentukan, Anda bisa menyampaikan keluhan terlebih dahulu menggunakan fitur chat yang tersedia di Shopee. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi pihak jasa pengiriman yang digunakan melalui situs website resmi mereka.

Untuk chat penjual dan mengajukan pertanyaan sangat mudah. Fitur tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi halaman toko penjual, kemudian klik fitur Chat. Anda akan diarahkan pada halaman obrolan dan bisa mengirimkan pesan kepada penjual baik berupa teks, gambar dan lain sebagainya.

Jika penjual tidak juga membalas pesan yang Anda kirimkan, maka sebaiknya Anda langsung meminta pengembalian dana dengan memenuhi beberapa syarat yaitu sebagai berikut :
  • Pesanan barang atau produk tersebut masih dalam masa garansi Shopee. Anda bisa melakukan perpanjangan garansi selama 3 hari dengan cara mengklik “Perpanjang Masa Garansi Shopee” yang ada dihalaman “Rincian Pesanan” pada aplikasi Shopee
  • Anda belum mengklik “Pesanan diterima” atau melakukan konfirmasi penerimaan pesanan. Pastikan Anda jangan mengklik “Pesanan telah diterima” tersebut kalau barang tidak diterima atau tidak sesuai.
Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Untuk mengajukan permintaan pengembalian dana atas barang yang Anda beli karena alasan alasan diatas sangat praktis dan mudah. Anda bisa ikuti langkah langkah nya pada poin di bawah ini :
  1. Pertama tama, buka aplikasi Shopee dan pergi ke bagian “Saya
  2. Pada bagian akun Anda pilih “Pesanan Saya
  3. Pilih status “Dikirim” dan Anda akan masuk pada halaman dimana daftar barang yang Anda pesan
  4. Pilih produk yang Anda pesan dan ingin diajukan pengembalian dana nya.
  5. Klik “Ajukan Pengembalian” yang terdapat pada bagian paling bawah layar, samping kiri “Pesanan Diterima”. Hati hati jangan sampai Anda malah mengklik “Pesanan Diterima”
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memberikan alasan mengapa Anda mengajukan pembatalan dan pengembalian dana. Pilih alasannya dan konfirmasi
  7. Lalu kirimkan alamat email Anda yang aktif dan bisa Anda buka dengan mudah
  8. Langkah terakhir, cukup klik “Kirimkan
Yang perlu Anda ketahui bahwa untuk permintaan pengembalian dana ini adalah bersifat pengajuan, jadi pesanan Anda akan masuk pada tahap menunggu konfirmasi dari si penjual. Apabila telah melewati masa 3 hari dan tidak ada respon dari pihak toko atau penjual maka pihak Shopee yang akan mengembalikan dana Anda ke Shopeepay atau metode lainnya yang tersedia.

Dalam waktu 3 hari jika pesanan Anda belum terbatalkan dan belum ada respons dari toko, maka Anda juga bisa langsung menghubungi customer servis Shopee di 1500702 dan 021-39500300 aktif 24 jam.
Jika penjual menolak pengajuan pengembalian dana Anda, maka status pesanan akan masuk dalam “Tahap Banding”. Disini Pembeli maupun penjual bisa mengirimkan dalam bentuk foto, screenshot ataupun video yang bisa menguatkan pengajuan melalui pusat resolusi Shopee.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas tentang cara komplain ke Shopee karena barang belum dikirim ataupun berbagai jenis pengaduan yang lainnya. Mudah sekali ya, ini merupakan solusi praktis untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan atau kendala yang mungkin saja terjadi karena kesalahan teknis atau salah paham lainnya.

Dalam beberapa kondisi barang belum sampai tapi status sudah menunjukkan sudah diterima oleh Shopee Express, Anda jangan khawatir selama barang belum diterima Anda bisa mengatasinya dengan menghubungi call center shopee express, berbicara dengan cs shopee, memperpanjang garansi atau bahkan mengajukan pengembalian dana karena barang tidak dikirim. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Komplain ke Shopee Barang belum dikirim"