Kumpulan Soal UN SMP/SLTP 2019 (Ujian Nasional Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)

Kumpulan Soal UN SMP/SLTP 2019 (Ujian Nasional Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)

Kumpulan Soal UN SMP/SLTP 2019 (Ujian Nasional Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)

Buat adik-adik yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya kelas 9, sebentar lagi kalian akan mengikuti Ujian Nasional. Ujian Nasional merupakan evaluasi terakhir yang diadakan oleh pemerintah  untuk mengukur kompetensi siswa dalam mata pelajaran tertentu guna mencapai Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ujian Nasional juga bertujuan untuk mengukur kualitas pendidikan di Indonesia yang berpatokan pada nilai Ujian Nasional tahun sebelumnya. Apabila dari tahun ke tahun hasilnya meningkat, maka bisa disimpulkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia juga meningkat. Namun apabila hasil yang diperoleh menurun, maka kualitas pendidikan di Indonesia juga ikut menurun.

Maka dari itu, persiapkan semuanya sematang mungkin. Bacalah materi yang sudah diajarkan  guru di sekolah. Namun tidak mungkin rasanya jika membaca semua materi yang diajarkan guru.  Sedangkan kita tau tidak mungkin materi sebanyak itu pada saat Ujian Nasional keluar semua. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandainya mengatur strategi. Termasuk berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional supaya saat mengerjakan ujian yang sesungguhnya sudah terbiasa dengan bentuk soal seperti itu. Karena soal-soal latihan biasanya sudah sesuai dengan materi Ujian Nasional.

Baca Juga : Kumpulan Soal UN SD 2019 (Ujian Nasional Sekolah Dasar)

Kalian dapat mencari contoh soal Ujian Nasional dari internet maupun sumber lainnya agar ilmu pengetahuannya bertambah. Kita perlu mengembangkan potensi yang ada pada diri kita sendiri selain mengikuti alur yang telah ditentukan. Karena tanpa usaha lebih kita tidak akan mendapatkan hasil yang lebih pula. Oleh sebab itu, berusahalah lebih dari usaha yang teman lakukan agar kita dapat lebih unggul.

Jangan jadikan keterbatasan sumber belajar menjadi alasan kegagalan dalam pelaksanaan Ujian Nasional  karena kita hidup di jaman yang canggih. Sekarang melalui internet kita bisa mencari latihan soal Ujian Nasional. Di bawah ini adalah soal Ujian Nasional yang dapat kalian jadikan sumber belajar tambahan.

Kumpulan Soal UN SMP/SLTP 2019 (Ujian Nasional Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)
Silahkan Download melalui link Google Drive dibawah ini

Itulah contoh soal Ujian Nasional yang ada pada tahun-tahun sebelumnya. Semoga soal-soal di atas dapat membantu persiapan menghadapi Ujian Nasional. Walaupun belum tentu sama persis soal yang keluar di Ujian Nasional, setidaknya latihan soal di atas dapat memberikan gambaran bentuk soal Ujian Nasional.

Yang paling penting pahami terlebih dahulu soalnya, setelah itu pilih jawaban yang menurut kalian benar. Lebih baik mengerjakan soal yang sudah pasti kebenaranya daripada terbebani dengan beberapa soal rumit. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan soal Ujian Nasional yang biasanya hanya diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan 50 soal pilihan ganda.

Lihat Juga : 5 Cara memberikan Pendidikan Karakter terhadap Anak yang Mudah

Jangan gunakan waktu yang disediakan saat mengerjakan soal Ujian Nasional untuk memikirkan hal lainnya apalagi hal itu tidak ada kaitannya dengan sekolah. Jika sudah terbiasa mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, maka kita akan terbiasa saat menghadapi ujian yang sesungguhnya. Menjawab soal yang ada akan terasa mudah karena hanya memikirkan jawaban yang tepat tanpa harus berpikir panjang maksud dari soal tersebut.

Itu semua tergantung dengan usaha yang telah dilakukan kalian sebelum menghadapi Ujian Nasional. Semakin banyak kalian berlatih soal akan semakin banyak juga ilmu pengetahuan yang kalian peroleh. Selain itu banyak berlatih mengerjakan soal juga akan membantu kalian terbiasa dengan bentuk-bentuk soal yang beraneka ragam.

Berlatihlah mengerjakan latihan soal sebanyak mungkin. Semoga soal-soal di atas bermanfaat bagi adik-adik yang akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan supaya mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga bisa melanjutkan sekolah di SMA/SMK yang diharapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan nilai yang baik.
Buka Komentar