Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adalah Kemenangan Akal Sehat, Deklarasi Bersama KTT G20 di Bali

Wartapagi.id -- Mendapat pujian dari Istana Kepresidenan Rusia alias Kremlin, yang disampaikan oleh Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, dimana deklarasi bersama yang disepakati KTT G20 di Bali adalah sebagai kemenangan akal sehat. Hal ini dikatakannya kepada wartawan TASS pada hari Kamis, 17 Nopember 2022. Sebelumnya mayoritas dari anggota G20 mengecam keras perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk, dan ini disampaikan pada deklarasi bersama G20 Bali Leaders Declaration yang diumumkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam penutupan KTT G20 pad Rabu (16/11/2022) di The Apurva Kempinski, Bali. Baca juga : Bagaimana Caranya Agar Suami Tidak Tahu Jika Hpnya Disadap Dari Jarak Jauh.


Disampaikan bahwa perang di Ukraina menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa. Selain itu juga memperburuk kerentanan dalam ekonomi global. Dalam Resolusi Sidang Umum PBB juga pada 12 Maret 2022 yang lalu menyesalkan agresi Rusia terhadap Ukraina. Dan juga menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina, dimana sebanyak 14 negara sepakat, lima negara menolak, 35 negara abstain, dan 12 negara absen dalam resolusi PBB tersebut. Dari 20 negara anggota G20, hanya Rusia yang menolak resolusi PBB tersebut, sedangkan China dan India abstain.

Para pemimpin G20 juga menyepakati untuk mempercepat dan memastikan transisi energi yang berkelanjutan, adil, terjangkau, dan investasi inklusif. Menurut Peskov, tercapainya G20 Bali Leaders Declaration adalah merupakan kemenangan untuk akal sehat. “Itu menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menahan agresivitas kolektif Barat dan mencapai kompromi, jika tidak, KTT G20 akan gagal mengadopsi deklarasi akhir untuk pertama kalinya dalam sejarahnya,” ucap Peskov.

Jadi Peskov memuji atas hasil yang dicapai dalam KTT, dimana Indonesia yang memegang presidensi G20 tahun ini, dan India yang akan mengambil alih kursi kepresidenan G20, “Memang itu mencerminkan gambaran di mana ada sudut pandang yang berbeda, dan itu sangat penting bagi kami,” sambung Peskov.

Akhir Kata

Sampai disini dulu ya Artikel tentang "Adalah Kemenangan Akal Sehat, Deklarasi Bersama KTT G20 di Bali" dari Wartapagi.id ini. Lebih kurangnya kami mohon maaf yang sebesar - besarnya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat selalu serta tetap semangat ya. Baca juga : Apakah Arti dari PCC di WhatsApp.

Sumber : Kompas.com

Posting Komentar untuk "Adalah Kemenangan Akal Sehat, Deklarasi Bersama KTT G20 di Bali"